Langkah-Langkah Menulis Resensi Novel

Menulis resensi novel diperlukan untuk mengetahui kualitas dari sebuah novel. Secara umum, para pembaca ingin mengetahui serta memahami kelebihan maupun kekurangan dari setiap novel, disini, peranan seorang penulis sangat dibutuhkan.

Para penulis sendiri, perlu memahami beberapa langkah-langkah menulis resensi novel. Hal tersebut, bertujuan agar, resensi novel yang dihasilkan tidak keluar dari kaidah kepenulisan.

Langkah-Langkah Menulis Resensi Novel

Langkah-Langkah Menulis Resensi Novel
Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa resensi novel sangat dibutuhkan, terlebih terhadap novel-novel yang baru diterbitkan. Berikut adalah beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam menulis resensi novel.

1. Memperhatikan Detail Novel

Sebelum memulai untuk menulis resensi novel, langkah pertama yang harus dilakukan penulis adalah dengan memperhatikan detail dari novel yang akan di ulas. Tujuan dari hal ini yaitu untuk mengetahui kerangka atau sistematika penulisan dari sebuah novel. Detail novel seperti ketebalan halaman, dari penerbit mana novel tersebut dicetak, jenis kertas yang digunakan, serta nama penulis atau pengarang dari novel harus penulis catat.

2. Mengetahui Kerangka atau Sistematika Novel

Setelah mengetahui detail dari novel seperti yang terdapat pada poin 1. Langkah selanjutnya untuk menulis resensi novel adalah dengan memahami kerangka atau sistematika yang ada di dalamnya. Berikut adalah kerangka dari sebuah novel.

- Judul Resensi

Penulisan judul resensi dengan judul novel harus berbeda satu sama lain. Gunakan kalimat-kalimat persuasif pada judul resensi yang ditulis. Tujuan pemakaian kalimat atau bahasa bergaya persuasive yaitu untuk menarik perhatian dari para pembaca. Selain itu, dalam penulisan judul resensi sebaiknya tidak mengandung terlalu banyak kata.

- Data Novel

Secara umum, data novel berisi tentang informasi mengenai nama penulis, nama penerbit, tahun penerbitan, serta tebal halaman yang dimiliki novel, juga informasi lain yang berkaitan tentang novel, seperti jenis kertas, ukuran kertas yang digunakan, cover yang dipakai.

- Sinopsis Novel

Sinopsis atau bagian yang menggambarkan isi dari sebuah novel biasanya terdapat pada sampul belakang. Kebiasaan yang dilakukan para pembaca sebelum mengetahui isi dari novel adalah dengan memahami sinopsisnya. Disini para penulis, harus menggunakan bahasa yang muda dipahami sehingga tidak menghasilkan pola kalimat ambigu. Di bagian belakang novel biasanya juga terdapat beberapa testimoni dari tokoh yang terlebih dulu sudah membaca dan memahami keseluruhan dari novel.

- Cari Nilai Tambah Maupun Kekurangan Dari Sebuah Novel

Bagian terakhir dari kerangka sebuah novel yang harus ditulis adalah berkaitan dengan lebih dan kurang dari novel. Kelebihan dan kekurangan tersebut diperoleh berdasar hasil dari pengamatan, juga berisi tentang opini. Selain itu, pada bagian ini penulis juga bisa memberikan argument mengenai novel. Semuanya itu, ditulis dengan menggunakan bahasa yang lugas.

3. Baca Keseluruhan Novel

Langkah ketiga yang harus dilakukan sebelum menulis resensi novel adalah dengan membaca keseluruhan isi dari novel. Ketika membaca, garis bawahi dan catat point yang terdapat dalam novel. Untuk memberikan perbedaan terhadap setiap point, gunakan stabilo pada tiap kalimat yang dianggap paling penting.

4. Buat Tulisan Terkait Isi Novel Secara Ringkas

Setelah membaca keseluruhan isi, langkah menulis resensi novel selanjutnya yaitu dengan menulis ringkasannya. Dalam menulis ringkasan, gunakan gaya bahasa sendiri, tidak kaku, membosankan juga agar tidak terkesan monoton. Penulisan ringkasan juga sebaiknya diselipkan kalimat persuasif, agar menarik perhatian para pembaca.

5. Buat Analisa (Pendapat) Tentang Novel

Pada bagian ini, penulis membuat analisa atau pendapat berkaitan tentang novel. Agar menarik minat para pembaca, penulis harus menggunakan bahasa yang lugas, apa adanya sebagaimana yang ada dalam novel.

6. Buat Kesimpulan

Bagian terakhir yang harus diperhatikan dalam menulis resensi novel adalah membuat kesimpulan. Penulisan kesimpulan yang baik akan meningkatkan nilai penjualan atau promosi dari sebuah novel.

Beberapa tips diatas merupakan langkah-langkah menulis resensi novel yang harus dipahami oleh setiap penulis. Kini banyak juga novel yang mengangkat tema Korea sebagai tema umum novelnya. Para penulis bisa mengembangkan beberapa langkah diatas, sesuai dengan novel yang akan diulas.
Misteruddin
Misteruddin MISTERUDDIN DIGITAL MEDIA sebuah media informasi digital seputar Asuransi, Bisnis, Gaya Hidup, Info Menarik, Kesehatan, Teknologi, Tips Harian dan Wawasan.

Tidak ada komentar untuk "Langkah-Langkah Menulis Resensi Novel"