Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Sayur Kentang Bagi Kesehatan

Jika berbicara tentang Manfaat Kentang bagi kesehatan, mungkin Anda akan berfikir bahwa di beberapa negara sayur kentang menjadi salah satu makanan pokok utama. Kandungan karbohidrat pada sayur kentang memang bisa dikatakan sangat tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif sumber energi tubuh untuk menggantikan gandum atau nasi. Sayur Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang cukup banyak di senangi orang karena dapat menjadi pengganti nasi. Sayur jenis umbi-umbian ini mempunyai nama latin Solanum tuberosum, sayuran ini tergolong sangat mudah untuk diolah dan dikreasikan menjadi berbagai jenis menu pembuka, utama, atau penutup. Kandungan Dalam Kentang Vitamin A Vitamin B kompleks Vitamin C Asam folat Mineral Protein Karbohidrat Karetonoid Polifenol Zat solanin.

Manfaat Sayur Kentang Bagi Kesehatan


1. Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer ini dapat ditandai dengan menurunnya fungsi otak, fungsi kognitif yang mencakup daya ingat, berbicara, penglihatan dan juga kelumpuhan saraf pada seseorang. Untuk mencegah penyakit alzheimer, Anda dapat mengkonsumsi sayur kentang sebagai alternatifnya. Para ahli menyebutkan bahwa sayur kentang ini mengandung zat asam alpha lipoic dan koenzim. Yang berfungsi untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif. Sedangkan pada penderita alzheimer, kentang dapat menjadi solusi untuk mencegah kelumpuhan fungsi pada otak dan syaraf.

2. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu faktor penyebab sakit jantung adalah karena penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah yang membuatnya tersumbat. Umbi ini tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali jika tidak dimasak menggunakan minyak goreng. Jika Anda dengan rajin mengkonsumsi sayur kentang, maka dapat meningkatkan kesehatan jantung pada tubuh Anda. Hal ini dikarenakan umbi kentang mengandung zat anthocyanin yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Selain itu, kandungan Vitamin B6, Vitamin C, kalium, dan serat dalam kentang juga sangat berguna dalam mendukung terapi atau pengobatan terhadap pasien penderita sakit jantung kronis.

3. Dapat Mecegah Hipertensi

Salah satu pakar kesehatan dunia yang bernama Shilpa Arora menyebutkan bahwa umbi kentang mengandung 100 kalori, tapi bergizi atau tidaknya sayurbkentang ini juga ditentukan dari bagaimana anda memasaknya sebagai makanan di rumah. Jika direbus, maka manfaat yang didapatkan akan semakin besar karena kandungan gizinya tetap terjaga. Berbeda dengan digoreng, yang akan membuat kentang memiliki kandungan kolesterol. Para ahli menyebutkan bahwa sayur kentang sangat baik untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit hipertensi atau darah tinggi. dikarenakan pada sayur kentang dapat menetralkan kadar natrium dalam tubuh. Dan sayur kentang juga mengandung kandungan zat asam klorogent serta anthocyanin didalamnya juga berkhasiat untuk mengatur tekanan darah pada tubuh sehingga tetap berada di angka normal.

4. Terdapat Anti Inflamasi

Dalam sebuah buku kesehatan yang berjudul Healing Foods disebutkan, bahwa sayur kentang memiliki efek anti inflamasi (anti radang) yang berfungsi untuk membantu seseorang meringkan radang atau luka dalam pada tubuh. Contohnya adalah penyakit saja asam lambung, radang tenggorokan dan sebagainya. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi kentang rebus secara teratur pada setiap hari untuk meredakan sakitnya.

5. Dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan

Saluran pencernaan tubuh manusia memang sangat rentan, mengkonsumsi makanan pedas dan bertekstur keras dapat menimbulkan luka didalamnya. Apabila hal tersebut terjadi maka akan timbul gangguan pencernaan. Untuk mengatasinya, maka bisa dilakukan dengan Manfaat Kentang. Kandungan mineral, kalium dan serat yang sangat tinggi pada sayur kentang akan mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan.

6. Dapat Mengatasi Insomnia

Mengkonsumsi kentang rebus dipercaya dapat menjadi cara ampuh dalam mengatasi insomnia. Zat triptofan yang terkandung dalam umbi kentang berperan sebagai herbal alami untuk membantu supaya tidur jadi lebih nyenyak. Kandungan kalium nya juga memberikan efek relaksasi otot sehingga kualitas tidur meningkat, dan Anda terhindar dari insomnia parah.

7. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika anda salah satu penderita kolesterol tinggi, maka sayur kentang dapat menjadi salah satu alternatif sumber karbohidrat untuk menggantikan nasi. Kandungan zat potassium yang terkadung dalam kentang dipercaya sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol pada tubuh seseorang. Hal ini dikarenakan sayur kentang tidak mengandung kolesterol sama sekali sehingga aman untuk dikonsumsi bagi penderitanya.
 

8. Dapat Mengatasi Batu Ginjal

Salah satu penyebab batu ginjal adalah karena tubuh kurang mengkonsumsi sayuran dan serat. Apabila Anda dalam masa penyembuhan penyakit yang satu ini, maka dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi kentang. Kandungan magnesium dalam umbinya dapat menjadi tameng untuk menolak zat besi dan kalsium yang menjadi pemicunya.

9. Dapat Mencegah Kanker

Penyakit paling mematikan di dunia ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi kentang. Mengandung berbagai vitamin dan senyawa aktif. Kentang dapat dijadikan senjata ampuh untuk melawan pembentukan sel kanker dalam tubuh, terutama kanker prostat. Kandungan Vitamin B6 ada sayur kentang juga dapat membantu anda untuk mengurangi penyebaran sel kanker pada tubuh.

10. Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

Kentang merupakan salah satu makanan favorit yang dikonsumsi oleh semua usia, terutama balita. Tapi tahukah Anda mengapa hal tersebut seperti menjadi sebuah tradisi? Selain karena memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah dicerna, sayur kentang juga mengandung kalium dan kalsium yang sangat tinggi. Yang dipercaya para ahli memiliki khasiat yang sangat besar dalam membantu menjaga kesehatan gigi.