Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Dokter Spesialis Urologi Terdekat Cukup dengan Booking Online di SehatQ

Cari Dokter Spesialis Urologi Terdekat Cukup dengan Booking Online di SehatQ
SehatQ
Cari Dokter Spesialis Urologi Terdekat kini mudah sekali, dengan aplikasi SehatQ Anda bisa mendapatkan informasi tentang dokter spesialis, selain itu juga Anada bisa booking online melalui aplikasi SehatQ.

Contoh informasi yang bisa Anda dapatkan ketika mengkases aplikasi SehatQ, semisal Anda mencari informasi tentang Dokter Urologi.

Spesialis Urologi

Spesialis Urologi ialah suatu cabang ilmu kedokteran yang mengkaji seputar gangguan kesehatan yang terjadi di saluran kemih, spesialis urologi mengkaji ganguan dari semua jenis gender, baik pada laki-laki ataupun perempuan.

Sejarah Dokter Spesialisasi Urologi

Awal mula disebut Spesialis Urologi, berawal dari pengambalilan kata Urologi sendiri yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “οὖρον” /ouron/ yang memiliki arti urine, dan “-λογία” /-logia/ yang mempunyai arti ilmu. Maka arti dari kata urologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang gangguan urine dan saluran kemih.

Spesialis Urologi sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1973. Spesialis Urologi ini dipelopori oleh Prof Dr. Oetama (ahli bedah) dan Prof Dr. Sadatoen (ahli urologi pertama). Selanjutnya cabang ilmu urologi berkembang pesat hingga pada tahun 1984 diresmikanlah Prodi Urologi di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Pendidikan dan Ruang Lingkup Spesialisasi Urologi

Seorang Dokter Spesialis Urologi di Indonesia harus menempuh pendidikan khusus spesialis selama kurang lebih 10 tahun dan menyandang gelar Sp.U (Spesialis Urologi). Berikut ini Ruang lingkup Spesialis Urologi yang meliputi beberapa sub-disiplin, yaitu:
  • Urologi Anak
  • Onkologi Urologi (Kanker Urologis)
  • Transplantasi Ginjal
  • Infertilitas Pria
  • Calculi (Batu saluran kemih)
  • Urologi Wanita
  • Neurourology (kontrol sistem saraf organ genitourinari)
  • Disiplin Ilmu Urologi

Spesialisasi Urologi memiliki sub-disiplin ilmu di universitas, antara lain:

Endourologi

Edourologi ialah cabang urologi yang fokus dalam mengkaji mengenai manipulasi tertutup saluran kemih. Selain itu, Endourologi juga fokus pada pembedahan yang disebut operasi transurethral.

Laparskopi

Cabang urologi ini mengkaji pembedahan yang lebih modern menggantikan pembedahan yang terbuka. Laparskopi dilakukan dengan lebih tertutup menggunakan bantuan robot berteknologi tinggi.

Onkologi Urologi

Pada Cabang urologi ini mengkaji mengenai cara pembedahan dalam kondisi yang kompleks dan ganas.

Neurourologi

Neurourologi mengkaji tentang sistem saraf pada sistem genitourinary, serta kondisi yang menyebabkan kondisi buang air kecil menjadi tidak normal.

Urologi Pediatrik

Urologi pediatrik mengkaji tentang gangguan urologis yang terjadi pada anak-anak.

Andrologi

Cabang urologi yang disebut dengan Andrologi ini spesialisasi medis yang berhubungan dengan kesehatan pria, fokus keilmuan di masalah sistem reproduksi pria dan masalah urologis serta operasi sistem reproduksi pria.

Urologi Rekonstruktif

Urologi Rekonstruktif mengkaji disiplin ilmu bidang urologi pria yang sangat terspesialisasi yang mengembalikan struktur dan fungsinya ke saluran genitourinari.

Urologi Wanita

Urologi wanita mengkaji tentang kandung kemih yang terlalu aktif, prolaps organ panggul, dan inkontinensia urin pada wanita.

Itu tadi contoh informasi yang bisa di dapat dari aplikasi SehatQ. Aplikasi SehatQ sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan keluarga. Caranya sangat praktis dan layanan yang ditawarkan sangat memuaskan.