Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi Sebagian

Bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop Asus yang tidak berfungsi sebagian? Sama halnya seperti kerusakan keyboard laptop lenovo, keyboard laptop merek asus juga bisa mengalami kerusakan sehingga tidak bisa berfungsi baik secara keseluruhan maupun sebagian tombolnya saja.

Keyboard laptop Asus bermasalah tentu saja hal yang sangat mengesalkan karena bisa mengganggu pekerjaan yang sedang kita lakukan. Berbagai permasalahan yang ada pada keyboard asus maupun laptop lainnya biasanya berupa keyboard error huruf tertukar, tidak bisa dipencet, copot, macet, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, supaya tidak mengganggu pekerjaan, maka kerusakan keyboard laptop harus segera diperbaiki. Berikut ini cara mengatasi keyboard laptop asus tidak berfungsi sebagian yang dapat Anda lakukan.

 

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi Sebagian


Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi Sebagian

Pada dasarnya, cara mengatasi keyboard huruf tidak bisa sebagian di laptop asus tidak jauh berbeda dengan laptop lainnya. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal yaitu :

Baca Juga - 2 Cara Mengatasi Keyboard Berbunyi Saat Ditekan di Windows 10

 

1. Restart Laptop

Tak perlu sampai membongkar keyboard, ketika keyboard laptop Asus Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya, seperti tidak merespon secara normal maka langkah awal yang penting sekali untuk dilakukan sebelum berpikir untuk memperbaikinya dengan cara lain, yaitu cobalah untuk melakukan restart keyboard terlebih dahulu. Jika cara pertama ini belum berhasil, baru Anda menuju cara berikutnya.

 

2. Pastikan Keyboard Tidak Terkunci

Salah satu penyebab keyboard Asus yang tidak bisa dipencet adalah keyboardnya sedang terkunci. Ini biasanya terjadi pada seluruh tombol keyboard maupun hanya sebagian saja.

Adapun cara mengatasi keyboard laptop yang terkunci bisa dengan beberapa cara yaitu mengembalikan pengaturan BIOS ke default, reinstall driver keyboard, atau mematikan fitur ease off access.

 

3. Pastikan Tombol Numlock Tidak Hidup

Nah, kalau tombol Numlock sudah hidup membuat mayoritas tombol keyboard Asus tidak bisa dipencet. Hanya tombol-tombol berupa angka saja yang bisa dipencet.

Untuk itu, matikan terlebih dahulu tombol numlocknya. Caranya cukup tekan sekali tombol numlock yang terdapat pada laptop Asus Anda.

Baca Juga - Cara Memasang Tombol Keyboard Laptop yang Lepas dengan Benar


4. Cek Aplikasi atau Driver yang Sebelumnya Terinstall

Aplikasi atau driver yang sebelumnya Anda install pada laptop bisa jadi penyebab keyboard mengalami masalah atau kerusakan. Jika sudah ketemu aplikasi atau driver yang menjadi penyebabnya, maka aplikasi atau driver tersebut harus segera dihapus.

 

5. Reinstall Driver

Salah satu cara memperbaiki keyboard laptop Asus yang error windows 10 adalah dengan melakukan reinstall driver. Namun dalam hal ini, reinstall khusus dilakukan pada driver yang terdapat di device manager.

Bagaimana cara melakukannya? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini

  • Pada kolom pencarian, silakan ketikkan device manager dan langsung saja buka aplikasinya.
  • Langkah selanjutnya adalah pilih keyboard lalu pilih HID keyboard device.
  • Kemudian klik update driver software.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai. Kalau sudah selesai semua, silakan restart laptop Anda.

 

6. Pastikan Keyboard Laptop Tidak Tertukar

Maksud dari keyboard tertukar di sini bukanlah tertukar tempatnya, melainkan tertukar fungsinya. Sebagai contoh, tombol huruf N yang seharusnya menjadi huruf N saat ditekan pada program ms word yang muncul bukanlah huruf N.

Cara mengatasi keyboard laptop huruf tertukar bisa dengan berbagai pilihan kombinasi keyboard yaitu (silakan pilih salah satu saja)

  • Fn + F11 (tekan secara bersamaan).
  • Fn + numlink (tekan bersamaan).
  • Fn + F11 + Shift (tekan bersamaan dan tahan beberapa detik lalu lepaskan).

 

Itulah dia beberapa cara memperbaiki keyboard laptop Asus yang tidak berfungsi sebagian yang bisa kita lakukan sendiri sebelum saatnya kita pergi ke tempat servis laptop, yang kita tahu bahwa hal itu membutuhkan biaya dalam memperbaikinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.