Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Keyboard Lenovo tidak Berfungsi di Windows 10

Keyboard marupakan salah satu bagian laptop yang bisa saja rusak karena sebab-sebab tertentu. Kerusakannya bisa berupa tidak bisa mengetik atau tidak bisa diketik. Sudah pasti permasalahan tersebut dapat mengganggu pekerjaan Anda. Anda tidak bisa mengetik, membuat laporan, ataupun melakukan hal lainnya yang membutuhkan papan ketik laptop Anda.

Karena hal itulah begitu penting perannya, mau tidak mau papan ketik yang tak berfungsi harus segera diperbaiki supaya bisa digunakan kembali sebagaimana mestinya. Dan jika Anda enggan ketika ingin membawa ke tukang servis laptop, maka mencari cara mengatasinya sendiri dengan cara browsing di google adalah sesuatu hal yang wajar dilakukan oleh siapa saja. 


Cara Memperbaiki Keyboard Lenovo tidak Berfungsi di Windows 10

Penting Diketahui !! 2 Trik Memunculkan Tanda Panah di Laptop 

 

Cara Memperbaiki Keyboard Lenovo tidak Berfungsi di Windows 10

Teruntuk Anda pengguna laptop atau notebook Lenovo dan menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasinya, ada berbagai cara mengatasi keyboard laptop Lenovo tidak berfungsi. Adapun penyebab laptop Lenovo tidak berfungsi terutama pada bagian keyboard biasanya disebabkan karena masalah hardware maupun software.

Langsung, berikut ini beberapa langkah mengatasi tombol keyboard Lenovo tidak berfungsi sebagian ataupun seluruhnya pada windows 10 yang dapat Anda lakukan :

  • Pertama, klik kanan terlebih dahulu kemudian pilih device manager.
  • Selanjutnya pilih 'ELAN Keyboard Filter Device' lalu pilih uninstal device.
  • Centang pada bagian 'delete the driver software for this device' kemudian klik uninstall.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Kalau sudah, silakan restart terlebih dahulu laptop Lenovo Anda. 
  • Sekarang silakan coba gunakan untuk mengetik.

 

Jika memang keyboard Lenovo tidak bisa mengetik atau tidak bisa diketik penyebabnya adalah masalah software, maka seharusnya cara di atas sudah bisa memberikan solusi. Namun keyboard rusak tidak hanya karena masalah software, tapi juga karena masalah hardware.

Salah satunya adalah keyboard yang terlalu kotor sehingga banyak debu yang masuk di sela-sela keyboard. Untuk mengatasinya, mau tidak mau Anda harus membersihkannya. Bersihkan dengan hati-hati, sebab kesalahan sedikit saja bukan tidak mungkin bakal memperparah kerusakan pada papan ketik tersebut. 

Kalau segala cara sudah Anda lakukan tetap tidak bisa, cobalah untuk melakukan service langsung pada service center Lenovo.

Demikian penjelasan mengenai cara memperbaiki keyboard Lenovo yang tidak berfungsi. Untuk laptop merek lainnya, kurang lebih sama tergantung apa penyebabnya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya : Cara Membuat Tulisan Pangkat di Keyboard Lenovo