Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Diaktifkan di HP Samsung

Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Diaktifkan di HP Samsung - Ternyata, ada banyak pengguna Samsung yang mencari tahu cara mengatasi WiFi tidak bisa diaktifkan di HP Samsung mereka. Padahal mode pesawat sedang tidak aktif, hotspot tidak aktif, dan ada jaringan WiFI yang tersedia untuk disambungkan.

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa WiFi tidak bisa diaktifkan di Android Samsung. Salah satu diantaranya adalah karena ada aplikasi pengontrol yang biasanya digunakan untuk mengaktifkan Wifi secara otomatis.

Selama aplikasi tersebut masih terpasang, maka Wifi tidak bisa diaktifkan pada Samsung secara manual. Oleh karena itu dalam artikel kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengatasinya dengan mudah.

 Baca Juga : Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di HP Samsung


Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Diaktifkan di HP Samsung


Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Diaktifkan

Cara agar WiFi Samsung bisa dinyalakan kembali adalah dengan menghapus aplikasi pengontrol yang sudah kita jelaskan secara singkat tadi, atau dengan reset pengaturan jaringan HP.

Agar lebih jelas, kalian bisa baca dulu penjelasan kedua langkah ini sebelum mempraktekannya.

 

1. Menghapus Aplikasi Pengontrol Wifi

Ada beberapa aplikasi pengontrol WiFi di HP Samsung. Salah satu yang paling banyak diunduh oleh masyarakat Indonesia adalah aplikasi Share It. Jika memang aplikasi inilah yang menyebabkan Wifi HP kalian tidak bisa menyala, kalian bisa melihatnya di bagian Kelola Pengaturan WiFi di aplikasi pengaturan.

Selama aplikasi Share It masih terpasang, maka WiFi tidak akan bisa diaktifkan. Jadi satu-satunya caranya untuk menyelesaikan masalahnya adalah dengan menghapus dulu aplikasi Share It, lalu mengunduhnya lagi ketika butuh.

 Baca Juga : Cara Menampilkan Barcode WiFi di HP Samsung Tanpa Aplikasi


2. Reset Pengaturan Jaringan

Melakukan reset pengaturan jaringan hanya perlu dilakukan jika bluetooth dan wifi tidak bisa diaktifkan Samsung.

Untuk melakukannya, kalian bisa ikuti langkah di bawah ini.

  • Pertama, Masuk ke aplikasi Pengaturan
  • Lalu ketik "Reset" di kolom pencarian
  • Pilih Reset Pengaturan Jaringan
  • Dan terakhir, klik Reset


Kalian perlu memasukan pola setelah selesai mereset jaringan Hp.

Khusus untuk metode reset pengaturan jaringan, kalian akan menghilangkan semua WiFi dan settingan APN internet di HP. Jadi pastikan kalian mengingat-ingat semua settingannya dulu jika tidak mau custom APN hilang selamanya setelah direset.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pengaturan Terus Berhenti di HP Samsung